Rabu, 2 Mac 2016

Manfaat Shalat Jamaah (1)

Manfaat Shalat Jamaah (1)

Apa saja manfaat shalat jama’ah? Mungkin karena kurang mengetahui manfaatnya sehingga jarang berkumpul di masjid untuk berjamaah. Moga bisa pelajari dari tulisan berikut.


1. Agar bisa berkumpul di waktu tertentu, juga agar bisa mengatur waktu dengan baik

Karena ada shalat lima waktu yang diadakan di siang dan malam hari. Ada pula shalat pekanan seperti shalat Jum’at. Ada juga shalat yang berulang setiap tahunnya yaitu shalat Idul Fitri dan shalat Idul Adha. Ada juga berkumpul untuk seluruh negeri di tempat tertentu pada waktu tertentu, yaitu di padang Arafah pada hari Arafah (9 Dzulhijjah) untuk melaksanakan wukuf di Arafah.

Dan memang orang yang senang berjamaah di masjid akan mudah belajar mengatur waktu dengan baik.


2. Beribadah kepada Allah dengan bentuk berkumpul.

Maksudnya berkumpul dalam shalat jama’ah di sini dengan tujuan meraih pahala, takut akan siksa-Nya dan selalu mengharap karunia di sisi-Nya.


3. Menumbuhkan rasa cinta sesama

Orang yang terbiasa melakukan shalat berjamaah di masjid akan tahu keadaan jamaah yang rutin hadir. Jika ada yang tidak hadir, maka nanti ada yang akan menjenguknya. Jika ada yang mati, maka ada yang layat. Jika terdapat berita sesama jama’ah ada yang susah, maka yang lainnya akan membantu. Karena pertemuan seperti dalam shalat jama’ah akan lebih melekatkan hubungan dan menimbulkan kasih sayang.


4. Saling mengenal satu dan lainnya

Jika seseorang shalat berjama’ah, maka akan saling mengenal satu dan lainnya. Yang kaya akan mengenal yang miskin. Tetangga jauh akan kenal tetangga dekat. Yang tua akan mengenal yang muda.


5. Menyuarakan syi’ar Allah

Seandainya setiap orang memilih shalat di rumah, maka tidak ada yang akan tahu ada tuntunan shalat berjama’ah, syi’ar Islam semakin tidak diketahui.


6. Menampakkan besarnya Islam

Jika semua orang (laki-laki) masuk masjid, lantas keluarnya berbarengan seperti saat waktu jum’at, maka semakin menunjukkan besarnya Islam, orang kafir dan orang munafik akan semakin kecil nyalinya. Sehingga orang muslim pun untuk meniru dan mengikuti jalan mereka semakin kecil.


7. Mengajarkan orang yang tidak mengerti shalat

Kebanyakan orang mengetahui cara shalat yang baik dan benar dari shalat jama’ah. Kaum muslimin dapat mengambil faedah bacaan surat juga dari shalat jama’ah. Begitu pula ada yang mengetahui dzikir setelah shalat, juga dari shalat jama’ah. Jama’ah dapat mengetahui pelajaran beberapa hukum dari imamnya seperti tentang masalah sujud sahwi (saat lupa dalam shalat). Begitu pula orang yang tidak mengerti jadi tahu dari orang yang punya ilmu.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Nota: Hanya ahli blog ini sahaja yang boleh mencatat ulasan.